Loading

Hal yang perlu diketahui tentang stiker

Membahas tentang stiker, mungkin dari Anda sudah banyak yang tahu tentang stiker pada umum nya, tapi terkadang banyak yang belum memahami fungsi stiker sebagai media pemasaran dan promosi pada bisnis Anda. Di Aulia Digital Printing kami akan membahas secara lengkap mengenai fungsi stiker yang perlu Anda ketahui.

Sebelum membahas stiker lebih jauh, Kami akan membahas sedikit mengenai apa itu stiker dan asal usulnya, serta apa saja jenis stiker dan ragam ukurannya yang umum ada di pasaran, serta alasan utama mengapa anda perlu menggunakan stiker sebagai salah satu media promosi.

Pengertian Stiker

Stiker merupakan perangkat promosi yang serupa dengan label, yang memiliki perekat (adhesive) di bagian belakangnya, sehingga dapat dengan mudah ditempelkan dimanapun anda inginkan, yang tidak melanggar peraturan atau Undang-undang dari Negara Republik Indonesia.

Untuk kebutuhan pemasaran dan promosi sendiri, stiker label sudah digunakan sejak tahun 1880 di benua Eropa, yang menambahkan lapisan bernama “gum paste” pada bagian belakang kertas warna-warni, dan ditempelkan pada buah-buahan yang mereka jual supaya terlihat menarik di mata pembeli.

Jenis Stiker dan Ukurannya

Beberapa jenis stiker yang tersedia di pasaran, yang masing-masing memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, berikut jenis nya :

  1. Stiker Kertas HVS, jenis stiker yang satu ini cukup umum digunakan karena harganya yang murah, umum digunakan sebagai stiker label pada kemasan makanan dan minuman, daya rekatnya kuat, namun mudah luntur dan pudar sehingga tidak cocok untuk penggunaan luar ruangan.
  2. Stiker Vinyl, jenis stiker yang menggunakan bahan vinyl yang lentur dan umumnya kuat ditempatkan di luar ruangan (outdoor), tidak mudah sobek, tidak meninggalkan bekas, namun harganya lebih mahal dibandingkan stiker yang menggunakan bahan kertas seperti HVS.
  3. Stiker Kromo, jenis stiker yang terbuat dari bahan kertas namun memiliki ketahanan yang baik serta harga yang murah, sehingga sering menjadi alternatif apabila anda tidak memiliki anggaran untuk mencetak stiker vinyl, namun umumnya akan menyisakan bekas pada saat dikelupas.
  4. Stiker Foil, jenis stiker yang menggunaan bahan kertas aluminium foil yang berkilau, umumnya tersedia dalam warna perak atau emas, yang bisa menimbulkan kesan mewah serta elegan, yang juga umum digunakan sebagai alternatif sablon kaos (dengan nama Polyflex).
  5. Stiker Scotchlite, jenis stiker yang memiliki kemampuan untuk memantulkan cahaya, sehingga akan terlihat menyala apabila terkena pancaran sorot lampu mobil atau motor, yang umum digunakan pada jaket petugas penyelamat dan sebagainya.
  6. Stiker One Way, jenis stiker yang bisa ditempel pada kaca dan hanya akan tampak pada satu sisi saja, sementara di sisi lainnya tidak akan mengjalangi pandangan anda apabila ingin melihat ke sisi lainnya.

Dan untuk ukuran stiker juga sama bervariasi menyesuaikan dengan kebutuhan Anda, berikut ukuran stiker pada umum nya :

  1. Untuk kebutuhan label kemasan, biasanya bentuknya berupa lingkaran atau persegi, dengan ukuran diameter 1,5cm atau 1,5x15cm apabila bentuknya segi empat, hingga ukuran diameter 7cm atau 7x7cm,
  2. Untuk kebutuhan label pada buku, atau pada inventaris, umumnya ukuran stiker yang digunakan mulai dari 1,8 x 5 cm hingga ke ukuran 3,7 x 7,5 cm, namun biasanya sudah ada kode-kodenya tersendiri untuk masing-masing ukuran.
  3. Untuk stiker cutting pada kendaraan tidak ada ukuran yang pastinya, karena akan tergantung pada tipe dan merk kendaraan anda, namun untuk stiker yang ditempelkan pada kaca mobil umumnya menggunakan ukuran persegi mulai dari 4 x 6 cm hingga 9 x 13 cm.

Aulia Digital Printing menyediakan berbagai pembuatan stiker murah berbagai ukuran dan bahan, untuk informasi lebih lanjut hubungi kami sekarang juga di 0813-9881-6602.

Sumber :

blog.porinto.com

Leave a Reply